Beranda | Artikel
Ukuran Air Untuk Mandi Janabat
Jumat, 23 Juni 2023

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Yahya Badrusalam

Ukuran Air Untuk Mandi Janabat merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Mukhtashar Shahih Muslim yang disampaikan oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Ahad, 22 Dzulqa’dah 1444 H / 11 Juni 2023 M.

Kajian Hadits Tentang Ukuran Air Untuk Mandi Janabat

Kajian kali ini membahas tentang Bab ukuran air untuk mandi janabat.

Hadits 156:

عَنْ أَبِي سَلَمَةَ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ قَالَ دَخَلْتُ عَلَى عَائِشَةَ أَنَا وَأَخُوهَا مِنْ الرَّضَاعَةِ فَسَأَلَهَا عَنْ غُسْلِ رسول الله ﷺ مِنْ الْجَنَابَةِ فَدَعَتْ بِإِنَاءٍ قَدْرِ الصَّاعِ فَاغْتَسَلَتْ وَبَيْنَنَا وَبَيْنَهَا سِتْرٌ وَأَفْرَغَتْ عَلَى رَأْسِهَا ثَلَاثًا قَالَ وَكَانَ أَزْوَاجُ النَّبِيِّ ﷺ يَأْخُذْنَ مِنْ رُءُوسِهِنَّ حَتَّى تَكُونَ كَالْوَفْرَةِ

Dari Abu Salamah bin Abdurrahman (anak saudari ‘Aisyah sepersusuan), ia berkata: “Aku masuk kepada ‘Aisyah Radhiyallahu ‘Anha bersama saudara sepersusuannya.” Lalu kemudian dia menanyakan tentang mandi Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam (yaitu mandi janabat). Maka ‘Aisyah meminta sekitar satu sha’ (setara dengan 4 mut = 4 x 650 gram). Maka beliau pun mandilah, di antara kami dan beliau ada penutup. ‘Aisyah mengucurkan kepalanya tiga kali sambil berkata: “Dan adalah istri-istri Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam memotong rambut mereka sehingga seperti wafrah (rambut pendek yang tidak melebihi kupingnya).”

Dalam hadits ini menunjukkan bahwa ‘Aisyah hanya menampakkan kepalanya saat mandi dan tidak menunjukkan seluruh badannya, karena hal tersebut haram.

Dari hadits ini kita ambil faedah:

Saudara sepersusuan adalah mahram

Saudara sepersusuan dan anaknya adalah mahram. Artinya kalau kita punya saudara sepersusuan dan dia punya anak, maka anaknya pun menjadi mahram untuk kita.

Ukuran air untuk mandi janabat

Biasanya Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menggunakan satu sha’ sampai lima mut air, tetapi kata Al-Hafidz Ibnu Hajar hal ini tidak menjadi batasan. Artinya kalau kita butuh lebih dari itu diperbolehkan. Tentu dengan catatan tidak boleh ada pemborosan atau berlebih-lebihan.

Bolehnya wanita memotong rambutnya

Wanita diperbolehkan memotong rambutnya, namun dengan syarat bentuk rambut yang dipotong tidak menyerupai rambut laki-laki. Wanita boleh memotong rambutnya menjadi pendek, namun harus dipastikan tidak menyerupai rambut laki-laki, karena wanita yang menyerupai laki-laki itu terlaknat. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

لَعَنَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ المُتَشَبِّهِينَ مِنَ الرِّجَالِ بِالنِّسَاءِ، وَالمُتَشَبِّهَاتِ مِنَ النِّسَاءِ بِالرِّجَالِ

“Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam melaknat laki-laki yang menyerupai wanita dan wanita yang menyerupai laki-laki.” (HR. Bukhari)

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download dan simak mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download mp3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/52995-ukuran-air-untuk-mandi-janabat/